Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuka semester Ganjil dan Genap Aplikasi Dapodik 2013 Secara Bersamaan

Sejak pertamakali diluncurkan Aplikasi Dapodik 2013, Permasalahan demi permasalahan terus dihadapi oleh para Operator Sekolah. Pekerjaan yang tak kunjung selesai karena belum sempurnanya Aplikasi.
Mulai dari patch 2.0.2 sampai patch 2.0.5 yang terakhir masih menyisakan permasalahan.
Namun demikian demi kelancaran dan kemajuan pendidikan para Operator harus bekerja dengan penuh kesabaran.
Jika Operator Sekolah telah melakukan sincronisasi semester ganjil, dengan menggunakan patch 2.0.5, maka segeralah melakukan sincronisasi semester genap. Namun lagi-lagi karena aplikasinya masih dalam tahap pengembangan maka, pada semester genap ada beberapa data yang hilang, meskipun pada semester ganjil sudah diisi dengan lengkap.

Data - data tersebut antara lain :

1. Data rinci peserta didik
2. Data Periodik dan data sanitasi Sekolah
3. Data Rombongan Belajar

Untuk memudahkan para Operator Sekolah dalam melengkapi data semseter genap yang kembali kosong, caranya dengan mengcopy paste dari semester ganjil.
Bagi yang belum tahu caranya silahkan disimak langkah - langkahnya :

  • Buka Aplikasi kemudian login (pilih semester genap)
  • Jika Aplikasi terbuka di Google Chrome maka langkah selanjutnya buka Opera, dan copykan localhost di Google Chrome ke Opera. maka Aplikasi akan terbuka
  • Langkah selanjutnya login (Pilih semester ganjil)
  • Terakhir anda tinggal copy paste data rinci peserta didik, periodik dan sanitasi dan data rombel, dari semester ganjil (Opera) ke semester genap (Google Chrome).

Dengan melakukan langkah - langkah diatas mudah - mudahan dapat memperingan tugas para Operator sekolah. Dan yang lebih penting data yang dimasukan di semester genap sama dengan data yang kita input pada semester ganjil.