Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Agar Siswa SD Mau Menghapal Perkalian

 Guru yang baik adalah guru yang senantiasa ingin memperbaiki dirinya. Untuk menuju keberhasilan tentunya bukanlah suatu hal yang mudah. Banyak hambatan yang akan selalu kita temui. Namun semua itu dapat dilalui jika kita mempunyai keinginan yang kuat untuk selalu memperbaiki  diri dan berusaha mencari solusinya.
Silahkan disimak tips ini siapa tahu bermanfaat bagi anda.

 Perkalian merupakan salah satu hal penting yang harus dikuasai oleh soerang siswa ketika akan belajar matematika. Ketika seorang siswa belum menguasai perkalian maka mereka akan kesulitan untuk menguasai materi matematika yang disampaikan oleh guru, terutama pada materi yang berhubungan dengan perkalian dan pembagian. Sebab kali dan bagi sangat erat kaitannya (kali kebalikannya bagi dan bagi kebalikannya kali).
 Namun persoalan yang sering terjadi ketika seorang guru menyuruh siswa untuk menghapalkan perkalian sering kali siswa merasa malas untuk menghapalkan perkalian, yang pada akhirnya akan sangat berpengaruh pada tingkat pemahaman siswa pada materi matematika. Masalah yang lainnya yang sering terjadi yaitu ketika siswa sudah hapal perkalian namun karena jarang dipakai atau diingatkan oleh guru siswa jadi lupa.
Untuk mengatasi permasalahan diatas, berikut tips agar siswa mau menghapa perkalian.

1| Menjelaskan pentingnya perkalian 
Sebelum memberikan tugas untuk menghapalkan perkalian alangkah baiknya seorang guru memberikan penjelasan tentang manfaat apa yang akan dirasakan oleh siswa ketika mereka sudah hapal perkalian. baik selama mereka masih menjadi seorang siswa ataupun ketika mereka telah lulus dari sekolah dan kembali ke lingkungan masyarakat. Dengan mengetahui betapa pentingnya hapal perkalian maka diharapkan siswa mau menghapal perkalian. 

2| Buatlah kartu hapalan perkalian
Pembuatan kartu hapalan perkalian tujuannya supaya siswa bertanggung jawab, karena mereka diuji       langsung oleh guru penguji dan jika dianggap sudah hapal maka guru penguji memberikan paraf pada   kartu hapalan perkalian. Namun jika dianggap belum hapal maka siswa terasebut harus datang kembali lain waktu untuk diuji kembali. Jika belum punya kartu hapalan perkalian bisa lihat dibawah ini

Contoh Kartu Hapalan Perkalian


3| Melakukan permainan adu cepat tepat dalam menjawab perkalian di dalam kelas 
Sering-seringlah mengingatkan siswa pada perkalian dengan cara mempergunakan waktu luang di dalam kelas, atau menyisipkan waktu sekitar 10 sampai 15 menit, sebelum istirahat atau sebelum pulang, tanya jawab seputar perkalian. Untuk menumbuhkan semangat siswa, guru memberikan penghargaan kepada siswa yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar maka mereka diberikan kesempatan untuk istirahat atau pulang lebih awal. Dengan demikian siswa akan berlomba menghapal perkalian karena mereka akan merasa malu jika mereka tidak bisa menjawab pertanyaan.
    
 Demikianlah tips agar siswa SD mau menghapal perkalian, jika dianggap tips ini bermanfaat silahkan dipraktekan disekolah dan dikelas masing-masing, tapi jika dianggap tips ini menyesatkan silahkan anda bung jauh-jauh. Tujuan saya hanya ingin berbagi sedikit pengetahuan yang saya miliki. Karena "sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain".